Tentang Kami

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Malang Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah bahwa tugas pokok dan fungsi Bagian Administrasi Kerja Sama Sekretariat Daerah pada intinya adalah menyusun program pelaksanaan kerjasama, fasilitasi pelaksanaan kerjasama, pelaksanaan koordinasi dengan satuan kerja/instansi terkait pelaksanaan kerjasama, mengolah data sampai dengan melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan kerjasama. Adapun jenis kerja sama yang difasilitasi oleh Bagian Administrasi Kerja Sama meliputi:

  • Kerja Sama Antar Daerah;

  • Kerja Sama dengan Badan Usaha/Lembaga Pemerintah (pihak ketiga) baik dari dalam dan luar negeri.

pencapaian kinerja pada fasilitasi pelaksanaan kerja sama antar daerah dapat tercapai sesuai dengan target yang telah ditentukan, sedangkan fasilitasi kerjasama dengan lembaga/badan usaha cenderung mengalami kenaikan dari tahun ketahun hal ini menunjukkan adanya peningkatan minat dari perangkat daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Malang terhadap kebutuhan melakukan kerja sama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan pembangunan daerah. Akan tetapi untuk kedepan masih perlu diberikan motivasi kepada perangkat daerah dilingkup Pemerintah Kabupaten Malang untuk lebih meningkatkan jalinan kerja sama dengan berbagai pihak, hal ini mengingat bahwa kebutuhan penyediaan sarana prasarana yang diperlukan oleh masyarakat masih banyak yang belum terpenuhi sedangkan APBD Kabupaten Malang belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Salah satu alternatifnya pemecahan permasalahan tersebut adalah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak sehingga penyediaan sarana publik dapat dicukupi melalui dana sharing ataupun murni swasta, dan dampak yang diharapkan adalah, kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi tanpa membebani anggaran pada APBD Kabupaten Malang.